Selasa, 12 April 2011

Sayangilah Binatang (manusia dan cinta kasih)

Sayangilah Binatang

Manusia dan cinta kasih

Manusia dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani,dan istilah kebudayaan,atau secara campuran. Manusia merupakan mahluk paling mulia di mata tuhan antara mahluk-mahluk yang lainnya. Tentunya, manusia memiliki tujuan dalam hidupnya baik sadar atau tidak untuk memikirkannya.

Definisi cinta itu sendiri adalah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan terhadap seseorang atau barang sesuatu apapun yang sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Manusia dan cinta tidak dapat dipisahkan karena setiap manusia membutuhkan cinta kasih karena cinta, sesama manusia bisa hidup berdampingan, Manusia dan rasa cinta kasih saling membutuhkan, jika tidak memiliki cinta, manusia itu bukan manusia dan jika tidak ada manusia, cinta takkan pernah ada. Dunia akan terasa lebih indah dan damai jika dilandasi dengan cinta kasih dan sayang dan tak terkecuali terhadap binatang/hewan.

Sayangilah Binatang

Binatang adalah bagian dari isi bumi yang diciptakan Allah untuk manusia. Banyak sekali manfaat yang dapat kita raih dengan adanya binatang. Diantara binatang itu ada yang kita ambil bulunya, dagingnya, tenaganya dan lain sebagainya. Semua binatang dapat ditundukkan oleh tangan manusia. Hewan-hewan seluruhnya adalah anugrah dari sisi Allah yang patut disyukuri.

Dunia semakin lama semakin tua. Banyak binatang langka semakin hilang atau punah akibat ulah manusia karena tidak lagi perduli pada mereka, satu persatu binatang hilang dan tinggal sejarah. hanya tinggal gambar dan dongeng sebagai kenangan belaka. Mungkin untuk beberapa binatang sudah terlanjur punah sampai saat ini dan sekarang kita belum terlambat untuk membantu memulainya lagi.

Ayo kita ajak siapapun untuk untuk belajar menyanyangi binatang. Tak perlu susah-susah ataupun repot untuk yang tidak punya waktu untuk memelihara,kita bisa mengunjungi kebun binatang. Ataupun kita mulai saja dari dalam rumah sendiri bagi yang ingin memelihara binatang.


Bagi sesama muslim islam adalah agama Allah swt yang memberikan perhatiannya kepada binatang bahkan beberapa surat didalam Al Qur’an dinamakan dengan nama binatang, diantaranya : al An’am (binatang ternak), an Nahl (lebah), an Naml (semut). Untuk itu islam memerintahkan para pemeluknya untuk memperlakukan binatang secara baik kecuali binatang-binatang yang membahayakan dirinya dan yang memang dibolehkan untuk dibunuh dan dalam agama apapun diajarkan yang sangat menekankan akhlak atau budi pekerti kepada umatnya. Karena itu berbagai sikap yang harus di tunjukkan oleh kita dalam hubungannya dengan sesama, termasuk juga terhadap binatang. agama apapun sangat melarang umatnya bersikap kasar kepada binatang, apalagi menyakitinya.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia

http://fadliyanur.multiply.com/journal/item/25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar