Selasa, 30 November 2010

5. Masyarakat Perkotaan dan Pedesaaan

Masyarakat Perkotaan dan Pedesaaan

Masyarakat sering diorganisasikan berdasarkan cara utamanya dalam bermata pencaharian. Pakar ilmu sosial mengidentifikasikan ada: masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocoktanam, dan masyarakat agrikultural intensif, yang juga disebut masyarakat peradaban. Sebagian pakar menganggap masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.

Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat band, suku, chiefdom, dan masyarakat negara.

Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.

Manusia merupakan makhluk yang memiliki keinginan untuk menyatu dengan sesamanya serta alam lingkungan di sekitarnya. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dsb manusia memberi reaksi dan melakukan interaksi dengan lingkungannya. Pola interaksi sosial dihasilkan oleh hubungan yang berkesinambungan dalam suatu masyarakat.

Masyarakat perkotaan sering disebut urban community ditekankan pada sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan. Ada beberapa ciri yang menonjol dalam masyarakat perkotaan diantaranya :

1. Kehidupan beragama yang kurang bila dibandingkan dengan kehidupan beragama masyarakat pedesaan.

2. Masyarakat perkotaan umunya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain,yang penting disini adalah perorangan atau individu.

3. Kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota daripada warga desa.

4. Interaksi yang terjadi lebih banyak terjadi berdasarkan faktor kepentingan daripada pribadi.

5. Perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota,sebab kota biasanya lebih terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.

Kesimpulan Masalahnya

Masyarakat Pedesaan selalu memiliki ciri-ciri atau dalam hidup bermasyarakat, yang biasanya tampak dalam perilaku keseharian mereka. Pada situasi dan kondisi tertentu, sebagian karakteristik dapat digeneralisasikan pada kehidupan masyarakat desa di Jawa. Namun demikian, dengan adanya perubahan sosial religius dan perkembangan era informasi dan teknologi, Masalah yang selalu dihadapi orang desa dari waktu-kewaktu adalah masalah kemiskinan dan keterbelakangan. Begitulah sehingga Badan Pusat Statistik kita perlu untuk mengkelompokkan penduduk menjadi penduduk desa (rural) dan penduduk kota (urban). Mungkin pengelompokan itu dapat berubah menjadi orang yang berpendidikan dengan orang yang tidak berpendidikan. Tetapi tetap bermuara pada desa dan kota. Orang yang berpendidikan banyak terdapat di kota sedangkan di desa banyak orang yang tidak berpendidikan.terkadang sebagian karakteristik tersebut sudah “tidak berlaku”. Berikut ini disampaikan sejumlah karakteristik masyarakat desa, yang terkait dengan etika dan budaya mereka, yang bersifat umum yang selama ini masih sering ditemui. Setidaknya, ini menjadi salah satu wacana bagi kita yang akan bersama-sama hidup di lingkungan pedesaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar