Sabtu, 27 Februari 2010

Tugas Pertama dari mata kuliah Implementasi Sistem Informasi

kumpulan dari komponen-komponen yang berhubungan yang berinteraksi untuk melakukan suatu tugas guna mencapai suatu tujuan. Sekalipun tidak bekerja dengan sangat baik, tetap saja merupakan suatu system.

Tujuan analisis dan desain system adalah untuk memastikan bagaimana suatu system bekerja dan kemudian mengambiltindakan untuk menjadikannya lebih baik.

Pengembangan Sistem

Dilakukan dengan menggunakan metodologi (suatu proses standar yang diikuti oleh organisasi untuk melaksanakan seluruh langkah yang diperlukan untuk menganalisa, merancang, mengimplementasikan, dan memelihara sistem informasi)
Metodologi klasik yang digunakan dikenal dengan istilah SDLC (System Development Life Cycle)

= > SDLC
SDLC (System Development Lyfe Cycle) itu adalah tahapan-tahapan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi di bawah pengawasan.
SDLC adalah keseluruhan dari proses dalam membangun suatu sistem melalui beberapa langkah. Ada beberapa model SDLC, beberapa model dari SDLC misalnya :
1. WaterFall
2. Spiral
3. Rapid
4. Prototyping
5. Incremental
6. Build & fix
7. Synchronize & stabilize.
8. Fountain
Model yang cukup populer dan banyak digunakan adalah waterfall.
Langkah langkah yang digunakan pada SDLC ini meliputi :
1. Melakukan survei dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi
2. Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan
3. Menentukan permintaan pemakai sistem informasi
4. Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik
5. Menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
6. Merancang sistem informasi baru
7. Membangun sistem informasi baru
8. Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru
9. Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru bila diperlukan
Dengan siklus SDLC, proses membangun sistem dibagi menjadi beberapa langkah dan pada sistem yang besar, masing-masing langkah dikerjakan oleh tim yang berbeda.
Dalam sebuah siklus SDLC, terdapat enam langkah. Jumlah langkah SDLC pada referensi lain mungkin berbeda, namun secara umum adalah sama. Langkah tersebut adalah
1. Analisis sistem, yaitu membuat analisis aliran kerja manajemen yang sedang berjalan
2. Spesifikasi kebutuhan sistem, yaitu melakukan perincian mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem dan membuat perencanaan yang berkaitan dengan proyek sistem
3. Perancangan sistem, yaitu membuat desain aliran kerja manajemen dan desain pemrograman yang diperlukan untuk pengembangan sistem informasi
4. Pengembangan sistem, yaitu tahap pengembangan sistem informasi dengan menulis program yang diperlukan
5. Pengujian sistem, yaitu melakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibuat
6. Implementasi dan pemeliharaan sistem, yaitu menerapkan dan memelihara sistem yang telah dibuat
Siklus SDLC dijalankan secara berurutan, mulai dari langkah pertama hingga langkah keenam. Setiap langkah yang telah selesai harus dikaji ulang, kadang-kadang bersama expert user, terutama dalam langkah spesifikasi kebutuhan dan perancangan sistem untuk memastikan bahwa langkah telah dikerjakan dengan benar dan sesuai harapan. Jika tidak maka langkah tersebut perlu diulangi lagi atau kembali ke langkah sebelumnya.
Kaji ulang yang dimaksud adalah pengujian yang sifatnya quality control, sedangkan pengujian di langkah kelima bersifat quality assurance. Quality control dilakukan oleh personal internal tim untuk membangun kualitas, sedangkan quality assurance dilakukan oleh orang di luar tim untuk menguji kualitas sistem. Semua langkah dalam siklus harus terdokumentasi. Dokumentasi yang baik akan mempermudah pemeliharaan dan peningkatan fungsi sistem

PT Toyota-Astra Motor
PT Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota di Indonesia. TAM merupakan perusahaan joint venture antara PT. Astra International Tbk dengan persentase saham 51% dan Toyota Motor Corporation, Jepang dengan persentase saham 49 %.
Toyota Astra Motor (PT TAM) didirikan di Jakarta pada tahun 1971 oleh James Suliman PT Gaya Motor, William Surjadjaja PT Astra International Inc dan Koyama Zenichi Toyota Motor Co & Penjualan Toyota Motor Jepang, dengan modal resmi Rp. 806.7 juta dan modal disetor sebesar Rp. 80.7 juta.
. Para akta notaris perusahaan telah dirubah beberapa kali untuk mengakomodasi perubahan dalam komposisi pemegang saham Indonesia. Mengkonsolidasikan bisnisnya, pada tahun 1989 PT TAM melakukan merger dengan tiga perusahaan afiliasi: PT Toyota Mobilindo, PT Multi Astra dan PT Toyota Engine Indonesia.

PT Toyota-Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971. Peranan TAM semula hanya sebagai importir kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Pada tanggal 31 Desember 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan antara lain :
• PT Multi Astra (pabrik perakitan, didirikan tahun 1973)
• PT Toyota Mobilindo (pabrik komponen bodi, didirikan tahun 1976)
• PT Toyota Engine Indonesia (pabrik mesin, didirikan tahun 1982)
Gabungan semuanya diberi nama PT Toyota-Astra Motor. Merger ini dilakukan guna menyatukan langkah dan efisiensi dalam menjawab tuntutan akan kualitas serta menghadapi ketatnya persaingan di dunia otomotif.
Selama lebih dari 30 tahun, PT. Toyota-Astra Motor telah memainkan peranan penting dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia serta membuka lapangan pekerjaan termasuk dalam industri pendukungnya. PT. Toyota-Astra Motor telah memiliki pabrik produksi seperti stamping, casting, engine dan assembly di area industri Sunter, Jakarta. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kemampuan produksi, pada tahun 1998 diresmikan pabrik di Karawang yang menggunakan teknologi terbaru di Indonesia.
Sejak tanggal 15 Juli 2003, TAM direstrukturisasi menjadi 2 perusahaan,yaitu :
• PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia disingkat TMMIN yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 5 % dan TMC menjadi 95%
• PT. Toyota-Astra Motor sebagai agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota di Indonesia. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 51 % sedangkan TMC 49%
Jaringan Distribusi
Dalam mendukung penjualan dan layanan purna jual,TAM dibantu oleh 5 Dealer Utama yang membawahi dealer-dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga bulan Desember 2005 telah terdapat 181 outlet dan 101 bengkel resmi. Berikut ini kelima Dealer Utama yang dibagi berdasarkan wilayah geografisnya :
• Auto 2000 merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur,Nusa Tenggara Timur,Bali,Kalimantan serta sebagian Sumatera
• PT New Ratna Motor merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta
• NV Hadji Kalla Trd Co merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara
• PT Hasjrat Abadi merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Sulawesi Utara,Sulawesi Tengah,Gorontalo, Maluku,Ternate dan Papua
• PT Agung Automall merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Bali, Riau,Jambi, Bengkulu dan Batam.
Produk yang dijual di Indonesia
• Sedan = Starlet*, Soluna*, Cressida*, Corona*, Vios, Corolla, Camry, Crown*
• Kendaraan Penumpang = Yaris, Fortuner, Kijang Innova, Kijang*, Avanza, Hiace*, Land Cruiser, Previa
• Truk dan kendaraan Niaga = Dyna, Hilux, & Kijang Pick up* *sudah tidak diproduksi lagi

Struktur Organisasi
• Presiden Direktur : Johnny Darmawan Danusasmita
• Wakil Presiden Direktur : Shinji Fujii
• Direktur : Joko Trisanyoto, Shinji Yamasaki, Benny Radjo Setyono, Hirohiko Fukatsu

Pengelolaan sumber daya manusia pada PT. TAM
Menjadikan fasilitasnya sebagai yang terbaik dengan tujuan untuk menghasilkan produk unggulan adalah filosofi utama PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Investasi dalam skala besar yang menyeimbangkan pemanfaatan teknologi modern dengan sumber daya manusia untuk menghasilkan produk yang berkualitas telah ditanamkan di pabrik-pabrik kami di kawasan Sunter dan Karawang.
Kami menjungjung tinggi keselamatan seluruh karyawan. Sertifikasi SMK3 untuk sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di pabrik Sunter I dan Karawang merupakan bukti dari keseriusan kami.
Fasilitas modern kami didukung oleh aplikasi Toyota Way (Kaizen atau continuous Improvement dan pengembangan sumber daya manusia) dalam sistem produksi yang dikenal dengan nama Toyota Production System (TPS) yang telah teruji kehandalannya. Melalui TPS, pengembangan sumber daya manusia di pabrik-pabrik kami diutamakan bagi semua level karyawan. Penerapan TPS juga dilakukan melalui program-program dalam Toyota Manufacturer’s Club (TM Club) untuk para pemasok dalam negeri, yang saat ini telah mencapai lebih dari 100 dan mampu membantu mereka mencapai tingkat kualitas dan biaya yang kompetitif.
Keberhasilan kombinasi antara fasilitas modern dan sistem produksi handal di TMMIN mendapat pengakuan internasional dengan diraihnya berbagai penghargaan internasional untuk sistem manajemen kualitas (ISO 9000) oleh pabrik-pabrik kami di Sunter dan Karawang.
. Sejalan dengan usia Astra yang hampir mencapai 50 tahun, komitmen untuk berinvestasi dalam sumber daya manusia semakin nyata.
Astra melihat persaingan di masa depan hanya bisa dimenangkan dengan memiliki sumber daya manusia berkualitas, yaitu yang tetap memikirkan kemajuan bangsa, yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, yang saling menghargai terhadap setiap keunikan individu dalam bekerja sama dan yang terus-menerus bekerja dengan standar kinerja terbaik.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain : United Tractors, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Astra Honda Motor, PT. Astra Agro Lestari, Tbk, Astra Credit Companies, PT. Asuransi Astra Buana, PT. Toyota Astra Motor, PT. Toyota Astra Financial Services, PermataBank, PT. Federal International Finance, PT. Astra Graphia, Tbk, AUTO2000, AI-Isuzu Sales Operation, PT. Astra Otoparts, Tbk, AstraWorld.



Hardware

Pabrik Toyota Thailand Jadi Percontohan Eco-Forest untuk pabrik di indonesia
Toyota Motor Thailand meluncurkan proyek 'eco-forest' di pabrik perakitan mobil Ban Pho di Chachoengsao, Thailand dengan tujuan menjadikan fasilitas itu menjadi salah satu pabrik paling ekologis di dunia. Ban Pho menjadi salah satu dari lima pabrik yang akan jadi model. Pabrik lainnya di Tsutsumi, Jepang, Mississippi, USA, Inggris dan Prancis.
Menurut Mitsuhiro Sonoda, president Toyota Motor Thailand, proyek eco forest di pabrik Ban Pho termasuk penanaman pohon untuk memperluas area hijau dan ekosistem yang subur yang bermanfaat bagi staf dan masyarakat setempat. Untuk tahap awal, Toyota berharap kawasan hijau itu bisa menyerap 60 ton CO2 per tahun.
Toyota kini meningkatkan upayanya dalam menghasilkan produk-produk ramah lingkungan dengan fokus pada pengurangan CO2. Saat ini semua model Toyota sudah memenuhi standar Euro3 dan persyaratan lain di sejumlah negara. Toyota juga berhasil menjual lebih dari 1 juta hybrid di seluruh dunia. Untuk itu Eco forest plant sangat cocok di indonesia
Saat ini Toyota sedang melakukan serangkaian pengujian terhadap Prius di Thailand dan Indonesia agar cocok dengan iklim dan topografi negara itu.

Toyota juga mendukung riset pengembangan bahan bakar diesel dari tanaman jarak. Dan juga Toyota membuat robot. Robot Toyota ini adalah yang paling baru dalam rangkaian robot yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Jepang untuk menunjukkan kecakapan mereka menciptakan robot humanoid (robot yang dapat melakukan gerakan seperti manusia).
Sony, perusahaan elektronik terkemuka Jepang, dan Honda, perusahaan pembuat mobil terkemuka Jepang lainnya, menggunakan robot-robot humanoid sebagai platform untuk mendemonstrasikan kemampuan komputerisasi dan pengetahuan rekayasa.
Robot Toyota itu tingginya 1,2 meter dan belum mempunyai nama, seperti pesaingnya. Bukan itu saja, Toyota pun hanya mengungkapkan sedikit detail yang spesifik mengenai teknologi yang digunakan robot tersebut dan belum mengungkap berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan robot tersebut.


Hanya disebutkan bahwa TOYOTA menginginkan robot yang dibuatnya mempunyai karakter mirip manusia, seperti gesit atau lincah, ramah, dan cukup cerdas untuk mengoperasikan peralatan yang berhubungan dengan personal assistance, antara lain untuk mengurus orang-orang berusia lanjut, bekerja di pabrik, dan mobilitas. Karena setiap bidang memerlukan keterampilan yang berbeda-beda, TOYOTA akan mengembangkan tiga tipe robot humanoid yang berbeda (berjalan, berjalan dengan roda, dan mendaki), dengan kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan bidang kerjanya.
Pada saat ini, TOYOTA belum mempunyai rencana untuk menjual atau menyewakan robot tersebut. TOYOTA berharap untuk membentuk grup band yang terdiri dari robot-robot pemusik untuk ditampilkan dalam 2005 World Exposition yang akan diselenggarakan di Aichi, di Jepang tengah.
Perlombaan pengembangan robot merupakan bisnis yang sangat kompetitif di Jepang, dengan pasar yang diperkirakan bernilai sekitar 4,5 miliar dollar AS. Perusahaan-perusahaan kerap kali menggunakan model-model yang menyerupai manusia untuk menggalang publisitas dan menonjolkan kemampuan teknis perusahaannya.

Software
Untuk bagian robot pesaing TOYOTA, Honda, telah memiliki robot yang bisa berjalan dan berdansa. Robot buatan Honda yang diberi nama Asimo itu telah mengunjungi berbagai negara, antara lain Inggris, Jerman, Ceko, Perancis, Irlandia, dan Indonesia. Asimo hadir dalam Gaikindo Auto Expo XII di Balai Sidang Senayan, Jakarta.
Asimo adalah singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Gerakan Asimo diatur oleh sistem komputerisasi dengan sensor-sensor yang canggih, yang mampu merespons gerakan manusia. Asimo dapat melangkah naik dan turun tangga dengan membawa benda seberat dua kilogram, melambaikan tangan, melakukan langkah dansa, serta berbicara dalam berbagai bahasa.
Sony pun mempunyai Qrio, robot humanoid yang bisa menari dan bernyanyi. Qrio, yang merupakan kependekan dari Quest for Curiosity (Pencarian Keingintahuan), dapat berjalan dengan kecepatan 14 meter per menit atau 0,8 kilometer per jam. Baru-baru ini Qrio, yang mempunyai kemampuan bergerak mengikuti alunan musik, difoto ketika menjadi dirigen bagi Tokyo Philharmonic Orchestra. [kompas]
Lalu pada perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia memiliki beberapa peran penting untuk turut mensukseskan program Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Salah satu peran tersebut adalah dengan menjalankan program-program corporate social responsibility (CSR). Pelaksanaan program-program CSR tersebut juga akan mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan bisnisnya sehingga terwujud sebuah pembangunan berkelanjutan yang merupakan konsep inti dari CSR. Lebih lanjut, program-program CSR yang dijalankan juga akan menciptakan reputasi positif dan keunggulan kompetitif yang dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian yang menggunakan metode studi kasus ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola program-program CSR yang dijalankan PT. Astra International.

Prosedur
Toyota mempunyai perusahaan lain yaitu Lexus luxury for US. Reputasi Lexus sebagai perusahaan yang memberi pelayanan terbaik bagi pelanggannya sudah diakui di seluruh dunia. Keberhasilan itu merupakan kerja keras seluruh dealernya untuk memberikan layanan sebaik mungkin. Untuk memberikan layanan terbaik, Lexus mengembangkan layanan yang lebih personal dan khusus untuk setiap pelanggannya. Termasuk juga untuk pelanggan wanitanya.
JM Lexus -dealer Lexus terbesar di dunia- baru-baru ini terpilih jadi WomenCertified Lexus dealership pertama. Juga mendapat penghargaan WomenCertified Seal untuk aktifitas penjualan yang mengagumkan dan layanan pelanggan.
WomenCertified program dirancang untuk melatih staf penjualan dan servis tentang bagaimanan memberikan layanan terbaik, khususnya untuk pembeli wanita. Statistik menunjukkan lebih dari 83% keputusan membeli mobil dilakukan wanita. Ini membuat wanita jadi konsumen paling penting di hampir semua industri. Di industri otomotif, angka itu lebih besar, dimana 85% proses pembelian mobil dipengaruhi wanita.
"Setiap pelanggan kami sangat penting untuk kami dan tujuan kami adalah membuat pengalaman membelinya jadi istimewa," kata Jim Dunn, vice president dan general manager JM Lexus. "Kami ingin menciptakan suasana yang nyaman dan menyediakan fakta-fakta yang butuhkan pelanggan untuk membuat keputusan yang tepat. Ini hanya satu cara kami berusaha untuk menjadi yang terbaik," tambahnya.
JM Lexus dikenal memiliki layanan terbaik, memiliki fasilitas perawatan mobil paling canggih,dengan ruang tunggu yang dilengkapi kursi pijat dan minuman gratis. Mereka juga memiliki program-progam untuk menghemat waktu pelanggan yang berharga seperti Ready Upon Arrival, dimana konsumen bisa mempersingkat proses pembelian lewat internet dan siap dibawa saat konsumen datang ke dealer. Layanan lain adalah Mobile Genius, dimana staf dealer mengunjungi pemilik untuk menjelaskan apa saja dan bagaiman cara kerja fitur-fitur mobil barunya.
Sertifikasi WomenCertified melengkapi sales representatif dealer ini dengan tools yang khusus untuk menangani konsumen yang beragam. Untuk mendapat sertifikat WomenCertified, staf penjualana harus menyelesaikan pelatihan intensif mempelajari komunikasi dan teknik layanan pelanggan yang terbukti paling efektif dan disukai di antara pelanggan wanita.

PT Toyota astra motor adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mobil Toyota penjualan suku cadang. PT Astra Internasional Tbk yang didirikan pada tahun 1957 merupakan perusahaan konglomerat dengan core business di bidang otomotif yang menguasai pasar mobil dan motor terbesar di Indonesia,. Dengan berkembangnya tingkat persaingan antar ATPM(agen tunggal pemegang merek),pihak toyota melakukan manuver untuk memberikan pelayanan yang lebih dan terbaik ke konsumen, maka toyota. melakukan sistem penjualan secara kredit supaya konsumen dengan golongan kelas ekonomi menengah dapat juga membeli mobil impian dengan persyaratan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap - tahap penjualan secara kredit yang dilakukan seperti: prosedur penjualan kredit, hambatan – hambatan penjulan kredit serta tujuan penjualan kredit dan metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Analitis, sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Prosedur penjualan kredit yang dilakukan oleh perusahaan mencakup semua tahapan mulai dari barang yang awalnya ada di dealer sampai barang ada pada konsumen. konsumen itu sendiri juga harus memenuhi sayarat – syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan dalam mengajukan kredit. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan SAP (Sistem Administration Prosedural) dalam mengendalikan administrasi perusahaan, maka dapat digunakan untuk mengatasi konsumen yang tidak jujur dan sebagai alat pengendalian Intern bagi perusahaan guna penyedian data..

USER

IIMS 2009 : TAM Siap Pasarkan Prius Hybrid
Sebagai wujud nyata totalitas di ajang 17th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 yang mengusung tema Drive For Better Life (berkendara menuju kehidupan lebih baik), PT Toyota Astra Motor (TAM) siap memasarkan generasi ketiga mobil hybrid Toyota Prius, 24 Juli-2 Agustus mendatang.

Apa yang dipelajari ?

untuk saat ini sangat dibutuhkan kendaraan-kendaraan yang sangat ramah lingkungan dan untuk mencegah pemanasan global, Toyota antaralin berpartisipasi dengan membuat mobil hybrid. “Krisis global yang melanda dunia harus diakui juga membawa pengaruh kepada kami, tetapi itu bukan berarti mengurangi komitmen Toyota terhadap industri otomotif di Indonesia. Malah ini seharusnya dapat menjadi momen untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa industri otomotif Indonesia tetap melaju,” ujar Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan di acara media gathering hari Rabu (22/7) di Jakarta.

Sebenarnya, TAM sudah mulai mengenalkan Prius generasi pertama ke pasar domestik sejak dua tahun lalu. Bahkan, tahun lalu sudah memboyong lima Prius generasi kedua ke Indonesia. Rinciannya, satu unit diberikan kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dua unit direntalkan kepada masyarakat melalui Toyota Rent a Car (TRaC), dan sisanya dipergunakan untuk sosialisasi internal perusahaan.Tahun ini dipilih TAM untuk menjual Prius terbaru ini secara massal ke Indonesia. Sayangnya, Johnny Darmawan enggan menyebut angka pasti harga jual Prius ini.

New Prius atau Prius generasi ketiga menggendong mesin 2ZR-FXE 1.8L 16V DOHC yang mampu menghasilkan maksimum output 136ps dan mencapai torsi maksimum 207 Nm (546 setelah di reduksi).New Prius yang dipamerkan di pelataran parkir TAM itu berwarna putih dilengkapi baterai terbuat dari Nickel-Metal Hydride (201,6 volt).

Prius terbaru ini menggunakan sistem series and paralel hybrid berupa power spilt device secara konstan mengatur rasio tenaga motor bensin/listrik ke roda dan dapat menggerakkan kendaraan hanya dengan motor listrik saja.

New Prius telah tercatat sebagai mobil terlaris di Jepang dengan jumlah penjualan mencapai 10.915 unit dalam waktu dua minggu sejak peluncuran resminya (18/5). Penjualan ini naik sekitar lima kali lipat dari bulan sebelumnya.

Sementara itu, Toyota yang mengusung tema Auto Life with Peace of Mind Toyota pada boothnya juga akan mengmapilkan Toyota iQ. Toyota iQ adalah mobil konsep empat penumpang paling kecil di dunia.

Dengan panjang 2.980 mm, berarti 425 mm lebih pendek dari Toyota Aygo, tapi lebar dan tingginya sebanding dengan Yaris yaitu 1.680 x 1.480 mm. Mobil ini memiliki tiga kursi dewasa dan satu untuk anak-anak. Dalam penggunaan biasa, pengemudi dan penumpang duduk berdampingan. Dengan menggeser kursi penumpang ke depan, maka tersedia tambahan untuk satu penumpang dewasa dan anak-anak.

TAM juga akan memboyong mobil konsep Toyota RiN. Toyota RiN merupakan sebuah kendaraan konsep elektrik yang dikembangkan tidak hanya mengedepankan kesehatan lingkungan, tetapi juga kesehatan pengendara.

Untuk memantau kesehatan pengendara Toyota RiN dilengkapi dengan oxygen content conditioner.

Mobil-mobil Toyota lainnya yang akan dipamerkan TAM selama 10 hari penyelenggaraan IIMS 2009 yaitu Kijang Innova E, Kijang Innova G, Avanza S A/T, Rush, Fortuner TRD Sportivo, Yaris, Avanza E M/T, Vios, Corolla 2.0, Alphard, Camry 3.5Q, dan Hilux D-Cab. [O1]

1 komentar:

  1. The King Casino Online | New Jersey | Jancasino.com
    The King Casino Online. Get $10 free to play 인카지노 Slots, Blackjack, Roulette and Video Poker. Claim your 더킹카지노 welcome bonus 코인카지노 today.

    BalasHapus